5 Cara Efektif dan Mudah Menghasilkan Uang dari Blogger, Layak Dicoba!

NgeBlogging adalah suatu hobi yang sungguh menyenangkan, karena selain bisa menulis dan mengekspresikan karya kita juga bisa menghasilkan uang rupiah tambahan dari kegiatan ini. Bahkan kalau kamu serius dibidang blogging, kamu sebenarnya juga bisa menjadi blogger full time loh.

5 Cara Efektif dan Mudah Menghasilkan Uang dari Blogger, Layak Dicoba!

Ada banyak model bisnis online yang sebenarnya bisa menghasilkan uang; ikut adsense, jadi affiliate, menjual produk informasi, dll. Tapi cara tersebut sedikit memakan waktu, karena kita harus membuat banyak artikel, optimasi SEO, copywriting, dll.

Jadi pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 5 Cara Efektif dan Mudah Menghasilkan Uang dari blogger.

Tips ini mungkin akan sangat berguna buat teman-teman yang baru mulai ngeblog dan sebelumnya belum pernah merasakan dapat uang dari internet. Mudah-mudahan setelah mendapatkan rupiah pertama dari internet, teman-teman akan semakin termotivasi lagi untuk mencari jenis peluang bisnis online lainnya. Sebagai permulaan, silakan coba tips dibawah ini :

1. Ikut Kontes Menulis Blog


Ini mungkin cara yang paling mudah, cepat, untuk menghasilkan uang dari blog. Ikut kontes menulis blog juga sangat minim resiko. Jadi sangat saya rekomendasikan kepada teman-teman blogger, sekalian juga buat latihan untuk menulis.

Biasanya hampir tiap bulan ada banyak perusahaan yang melakukan promosi terhadap produk/jasa mereka. Perusahaan tersebut biasanya butuh exposure terhadap produk mereka agar produk itu lebih dikenal.

Ikut Kontes Menulis Blog

Maka mereka biasanya mengadakan beragam jenis marketing, salah satunya kontes blog. Dimana para blogger biasanya diharapkan untuk melakukan review positif seputar tema produk/jasa mereka.

Perusahaan yang menyelenggarakan juga perusahaan besar, baik swasta maupun negeri seperti: Shopee, Pertamina, Dompet Dhuafa, Indomilk, RedDoorz, Bank Muamalat, dll.

Hadiah yang diberikan para penyelenggara beragam. Ada yang totalnya 5 juta, 6 juta, bahkan sampai puluhan juta. Selain itu, hal yang paling menarik dari kegiatan kontes blog ini adalah jumlah pemenangnya yang biasanya cukup banyak. Tak hanya juara 1-3, bahkan bisa sampai harapan 10.

Jadi setidaknya peluang kita untuk menang dan mendapatkan uang tambahan dari kontes ini lumayan besar.

Jadi tunggu apa lagi, silakan buat blog sekarang kalau kamu belum punya. Ada banyak kok cara membuat blog gratis yang tersedia, kamu bisa memulainya dengan platform blogspot.com ataupun wordpress.

Bahkan ada beberapa blogger senior yang mendedikasikan blognya untuk mengikuti kontes menulis sebagai sumber penghasilan utama mereka. Kerap kali nama mereka muncul dalam daftar peserta, dan memenangi kontes menulis tersebut. Karena memang kegiatan ini cukup fun, dan juga menghasilkan.

Dimana kita bisa menemukan daftar kontes blog?


  1. Google saja, dengan kata kunci "daftar kontes blog", "daftar kontes blog terbaru", atau yang sejenisnya.
  2. serbakuis.com/info/kontes/kontes-blog-kontes/.

Biasanya situs serbakuis memberikan info paling uptodate untuk daftar kontes yang sedang berlangsung di Indonesia.

So, kenapa kontes menulis tidak dicoba? Toh juga gratis, dan tidak ada resiko sama sekali kan :)

2. Jual Beli Backlink


Banyak perusahaan baik yang kecil, menengah, dan besar semakin hari ingin tampil di google untuk beberapa kata kunci produk mereka. Itulah kenapa SEO sudah menjadi semakin penting dijaman digital ini.

Walaupun ada begitu banyak faktor dalam merangking website di google, backlink tetap menjadi salah satu faktor yang paling kuat.

Oleh sebab itu banyak perusahaan yang mencari blogger untuk menjadi partner mereka dalam memberikan link.

Kamu bisa menghasilkan uang dari blog dengan menjual backlink kepada para pengiklan. Modelnya bisa beragam, mulai dari jasa review, guest post, content placement, dst.

Dimana kita bisa melakukan jual beli backlink?


  1. Pasang iklan sendiri di blog. Buat satu halaman "advertise", dimana kamu menginfokan bahwa blog kamu menerima kerja sama backlink bagi pihak advertiser yang memerlukannya.
  2. Ikut di Marketplace backlink seperti: backlink.id, rajabacklink.com

Jual Beli Backlink

Para pengiklan biasanya akan mencari blogger lewat situs marketplace, dan akan mengontak kamu jika tarif yang kamu pasang sesuai dan mereka tertarik dengan blog kamu.
Biasanya semakin ramai visitor situs kamu, maka para pengiklan akan semakin tertarik.

Faktor teknis SEO lain yang menjadi pertimbangan pengiklan adalah: Domain Authority, SPAM score, dan Alexa ranking website/blog kamu. Saya juga menyarankan agar blog kamu menggunakan Top level domain dot com, bukan blogspot, ataupun wordpress.com, agar kelihatan profesional, dan agar calon pengiklan lebih tertarik.

silakan baca tutorial cara membuat website dengan domain sendiri untuk pemula yang ada di artikel sebelumnya. Kamu cukup beli domain dan hosting jika ingin membuat blog kamu dari wordpress.org, atau hanya domain COM saja kalau ingin melakukan custom domain di blogspot.

3. Menjadi Influencer


Dijaman sekarang ini kalau kamu sudah punya follower banyak di akun social media, kamu sebenarnya sudah bisa menghasilkan uang tambahan. Caranya adalah dengan menjadi influencer, terutama kalau sudah punya banyak follower di twitter, instagram, dan youtube.

Influencer secara harafiah artinya orang yang mempengaruhi. Jadi posisi kamu adalah untuk mempromosikan produk/jasa pengiklan kepada pengikut kamu lewat media sosial yang jenis materinya akan ditentukan oleh pihak pengiklan/advertiser.

Menjadi Influencer

Pengiklan besar seperti bukalapak, blibli, jd.id, dll sering menggunakan jasa influencer dalam marketing mereka.

Kamu akan mendapatkan uang dari setiap kali kamu melakukan promosi. Tentunya tarif yang bisa kamu patok bisa beragam. Ada yang 100 ribu untuk sekali post instagram, 250 ribu untuk buat video dan diupload ke youtube, 250 ribu untuk tulis review di blog, dll.

Tentunya semakin banyak follower kamu di medsos, akan semakin banyak pengiklan yang tertarik bekerja sama dengan kamu.

Dimana saya bisa mengikuti program influencer?


Kabar baiknya, sekarang sudah ada beberapa marketplace untuk influencer marketing. Kamu bisa mendaftar disitus dibawah ini, karena biasanya perusahaan yang berniat untuk mencari influencer akan mencarinya lewat marketplace tersebut.

  1. www.sosiago.id
  2. www.buzzohero.com
  3. gridvoice.co.id

silakan daftar diketiga situs marketplace influencer marketing tersebut, karena semuanya gratis dan agar kamu bisa dapat peluang job yang lebih besar.

Demikian 3 tips dan cara menghasilkan uang tambahan lewat blog, semoga panduan ini bermanfaat. Apapun jenis metode bisnis online yang kamu lakukan, sebaiknya harus dilakukan dengan penuh ketekunan dan pantang menyerah. Karena diawal semua mungkin akan terasa berat, apalagi sebagai blogger pemula yang belum familiar dengan metode menghasilkan duit lewat internet.

Tapi lambat laun seiring bertambahnya pengalaman, teman-teman pasti bisa sukses dalam perjalanan bisnis online kamu. Sukses selalu.

Related Posts

Load comments